Budaya Paternalistis | Imajinasi yang terlintas

Imajinasi yang terlintas tentang Budaya Paternalistis

Kelemahan intrenal birokrasi akan menjadi semakin parah apabila birokrasi beroperasi pada lingkungan tertentu. Lingkungan yang berpengaruh terhadap kehidupan birokrasi tersebut adalah budaya paternalistis masyarakat yang berpotensi memperkuat dampak negatif dari struktur birokrasi, sistem politik yang tidak demokratis sehingga sumber daya kekuasaan terkonsentrasi pada pemerintah dan birokrasinya, serta kapasitas masyarakat madani seperti media yang masih lemah dalam mengontrol pemerintahan.

Apabila berinteraksi dengan berbagai kondisi tersebut maka kelemahan internal birokrasi gagal menjalankan perannya sebagai institusi penyelenggara layanan publik. Birokrasi publik di indonesia yang memiliki hirarki ketat, panjang, dan cenderung mendorong para pejabatnya untuk mengembangkan perilaku ABS (Asal Bapak Senang ) memperoleh justifikasi dari lingkungannya karena budaya masyarakat yang Paternalistis tidak bisa menjadi sensor bagi perilaku negatif yang muncul dari hirarki yang berlebihan.

Budaya Paternalistis itu justru bisa mengajarkan kepada para pegawai untuk memberikan perlakuan istimewa kepada pimpinan. Budaya paternalistis mengajarkan mengenai suatu pola hubungan tertentu antara rakyat dan penguasa, serta antara bawahan dan atasan.

Dalam budaya Paternalistis, bawahan harus memberikan pelayanan kepada atasan. Mereka harus menunjukan dedikasi dan loyalitas kepada atasannya, bahkan dedikasi dan loyalitas itu cenderung mereka tunjukan secara berlebihan, dengan maksud agar atasannya memberikan keistimewaan tertentu.

Mereka meyakini bahwa yang menentukan nasib mereka dalam berkarir adalah atasan. yang menyebabkan para pejabat birokrasi memiliki ketergantungan yang sangat tinggi kepada atasan. Beberapa faktor yang mungkin disebabkan oleh paternalistik :
  • Kuatnya ikatan primordial
  • Extended family system
  • Kehidpan masyarakat yang komunalistik
  • Peranan ada istiadat yang kuat
  • Masih di mungkinkan hubungan pribadi dengan yang intim 

Perilaku ABS dikalangan pejabat birokrasi terbentuk sebagai hasil interaksi antara budaya paternalistis yang hidup mengakar dalam masyarakat kita dan struktur weberian, yang selanjutnya menghasilkan penyakit birokrasi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Budaya Paternalistis | Imajinasi yang terlintas"

Post a Comment