Cara Share Printer Melalui LAN atau Wifi Kantor Desa.

Bagi yang bekerja di kantor desa dan selalu bergelut dengan berkas, dokumen, laporan atau semacamnya, printer adalah perangkat keras yang wajib untuk mencetak hasil kerja kita. Tentu bukan masalah jika setiap komputer memiliki printer masing-masing, tapi bagaimana jika komputer atau laptopnya 9 tapi printernya cuma 2? pasti bakal ribet dong karena harus tancep dan cabut kabel usb printer dari satu komputer ke komputer lainnya. Belum lagi jika jarak komputer dengan printernya jauh, pasti makin ribet.

Nah, jika di kantor desa sudah ada jaringan baik itu menggunakan LAN atau wifi, maka kita bisa menggunakannya untuk mengkoneksikan komputer dengan printer tanpa harus pasang copot kabel printer. Sebelum mulai men-share printer, kita harus memastikan dulu :

1. Driver Printer sudah terinstal pada komputer master ( saya sebut Server E-Desa )
2. Kabel LAN sudah tersambung di semua komputer yang akan men-share dan menerima share jika menggunakan LAN. Jika menggunakan wifi, pastikan semua komputer bisa mengakses dan terhubung dengan wifi. Pastikan juga 
3. IP address masing-masing komputer sudah di setting dengan benar dan workgroupnya sama.

A. Setting pada Komputer Server  E-Desa (yang terhubung langsung dengan printer)

Buka -->Start --> Control Panel  ketik: Advanced Sharing  Settings kemudian klik tulisan seperti yang di dalam kotak warna merah di bawah ini :


Pilih TURN ON pada semua pilihan kecuali yang Password Protected Sharing itu centang TURN OFF agar ketika menggunakan tidak perlu menggunakan password. seperti gambar dibawah ini :


Kemudian kita share printernya agar semua PC dapat menggunakan printer tersebut.
Caranya buka Devices and Printers Klik kanan pada printer yang akan di sharing, Pilih menu Printer Properties klik tab Sharing setelah terbuka nah disana ada 2 opsi, pilih opsi Share this Printer Share namenya terserah mau diberi nama apa.

Masih pada tab Sharing, Klik Additionel drivers agar printer share bisa diakses oleh sistem operasi yang berbeda (misal Windows XP), maka Centang x64 dan x86.

B. Setting pada Komputer Client.

Langkah terakhir agar komputer lain bisa ngeprint dengan printer dikomputer yang sudah disetting:
Buka Menu --> Devices and Printers --> Add a Printer dari komputer yang ingin mendapatkan share dari komputer yang tersambung langsung dengan printer,

Selajutnya Klik Add a Network, Wireless or Bluetooth Printer dan tunggu sampai muncul printer di Komputer Master
Setelah Muncul klik next dan next sampai selesai, kalo saya ga salah cuma 2 next .. Selsesai
Setiap kali mau ngeprint, Anda harus mengganti dengan printer dengan nama depan komputer yang tersambung langsung dengan printer:
Mudahkan ....!!
Demikianlah tutorial bagaimana Cara Share Printer Lewat Jaringan LAN atau Wifi. Terimakasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Share Printer Melalui LAN atau Wifi Kantor Desa."

Post a Comment