Membeli PC baru atau Merakit sendiri

Jika kita berkeinginan untuk mengembangkan pengalaman membangun sendiri sistem PC yang dapat diupgrade, berbeda dengan sistem yang ditawarkan oleh vendor, sedikitnya kita dapat menangani kerusakan sistem dan memecahkan permasalahannyasendiri dan menghemat pengeluaran. Tapi jika kita tertarik unruk membeli PC mahal, dan menginginkan dukungan garansi teknis dan garansi lainnya serta ingin tinggal mengoprasikannya, maka membangun atau merakit sendiri PC sebaiknya tidak usah dilakukan.

Beberapa komponen yang digunakan untuk membangun / merakit PC

1. PROCESOR
Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. 
Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor. 
Merk prosesor yang banyak beredar dipasaran adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel. Bagian dari Prosesor Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3 yaitu :
·Aritcmatics Logical Unit (ALU)
·Control Unit (CU)
·Memory Unit (MU)

2. Mainboard / Motherboard
Motherboard atau mainboard merupakan papan utama dimana terdapat komponen-komponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard. Pada Motherboard juga terdapat socket untuk processor, slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA Card, Sound Card, Internal Modem, dan lain-lain.  

Secara umum, motherboard mempunyai fungsi berikut ini :
- Organisasi, mengatur dan menentukan alat ( peripheral ) yang bisa dipasang pada komputer.
- Kontrol, di dalam motherboard terdapat chipset dan program BIOS yang berfungsi mengatur data komponen komputer lain.
- Komunikasi, hampir semua komunikasi harus melalui motherboard
3. Hard Disk
Harddisk merupakan piranti penyimpanan sekunder dimana data di simpan sebagai pulsa magnetic pada jaringan metal yang berputar yang terintegrasi. Data di simpan dalam lingkaran konsentris yang di sebut track. Tiap track di bagi dalam beberapa segment yang di kenal sebagai sector. Untuk melakukan operasi baca tulis data dari dan kerpiringan, harddisk menggunakan head untuk melakukannya yang berada di setiap piringan. Head itulah yang selanjutnya bergerak mencari sektor-sektor tertentu untuk di lakukan operasi terhadapnya. Waktu yang diperlukan untuk mencari sector di sebut seek time.
4. Memory / RAM
Memori computer merupakan bagian terpenting dari komponen komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang harus diatur dan dijaga sebaik-baiknya.Memori juga di artikan sebagai perangkat yang amat penting dalam sistem berbasis mikroprosesor, mikrokontroller, maupun PC.Memori digunakan untuk menyimpan data baik yang digunakan sebagai program maupun sebagai penyimpan data yang diproses oleh CPU.






5. CD / DVD Room
CD-ROM kepanjangan dari compact disk read only memori yang artinya bahhwa CD-ROM drive hanya bisa digunakan untuk membaca sebuah CD saja. Secara gari besar CD-ROM dibedakan menjadi 2 menurut tipenya yaitu : ATA/IDE dan SCSI. Yang paling mendasari dari perbedaan tersebut adalah kecepatannya. Kalau ATA memiliki kecepatan 100-133Mbps sedangkan SCSI memiliki kecepatan kira-kira 150 Mbps. Untuk tipe SCSI biasanya ditemuka pada CR RW drive DVD berasal dari kata Digital Versatile Disc. Sesuai dengan namanya DVD merupakan sebuah media penyimpanan digital yang isinya sangat variatif.. Bentuknya sangat mirip dengan CD.Bedanya DVD dapat memainkan film, audio lebih baik dan dengan data lebih banyak dan proses yang lebih cepat dibandingkan CD. DVD juga mampu menyimpan data lain seperti Foto atau data informasi dari komputer.
5. Casing
Kotak komputer yang berisi Processor, Motherboard dan peripheral lainnya. Wadah ini digunakan sebagai tempat untuk melindungi motherboard, control board, power supply disk drive dan komponen-kompenen lainnya.


6. Power Supply
Power Supply adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyuplai tegangan langsung kekomponen dalam casing yang membutuhkan tegangan, misalnya motherboard, hardisk, kipas, dll. Input power supply berupa arus bolak-balik (AC) sehingga power supply harus mengubah tegangan AC menjadi DC (arus searah), karena hardware komputer hanya dapat beroperasi dengan arus DC. Power supply berupa kotak yang umumnya diletakan dibagian belakang atas casing.
7. Mouse
Mouse merupakan salah satu perangkat keras(hardware)yang sangat di butuhkan ketikaseseorang ingin mengoprasikan komputer secara cepat dan efektif. Mouse merupakan salahsatu hardware yang berguna untuk input data. Atau sering kita sebut sebagai pointing devicekarena mouse di gunakan untuk menunjuk icon yang akan kita pilih.
8. Monitor
Monitor adalah output device / alat keluaran yang berfugsi untuk menampilkan gambar pada layar. Gambar yang ditampilkan berasal dari proses grafis yang dilakukan oleh VGA Card. Berdarsarkan teknologi yang digunakan monitor memiliki 2 jenis yaitu CRT (Cathode Ray Tube) dan LCD (Liquid Crystal Display).



9. Keyboard
Keyboard merupakan sekumpulan tombol yang tersusun pada satu tempat seperti mesin ketik yang umumnya mempunyai antara 85 hingga 120 tombol yang terdiri atas (A,a, B,b, C,c, …..Z,z) angka (0,1,2,…9), symbol atau biasa dinamakan karakter khusus (@#$%..... dan sebagainya) serta tombol-tombol F1,F2,F3, namun untuk keperluan khusus keyboard hanya memiliki beberapa tombol saja. Jumlah tombol yang ada pada PC berbeda-beda tergantung pada PC yang digunakan. PC desktop mempunyai 101, 104, 110 atau 118 tombol. Sedangkan notebook atau laptop, jumlah tombolnya bisa semakin sedikit karena mempunyai ruang yang kecil.




Untuk Cek Harga-harga komponen yang digunakan untuk membangun / merakit PC bisa DISINI

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membeli PC baru atau Merakit sendiri"

Post a Comment