Lantayan Warga Kasepuhan Cirompang

Nge-Blog, Cirompang - Selasa (26/7/2016). Warga Kasepuhan Cirompang, Kp. Cirompang Desa Cirompang Kec. Sobang Kab. Lebak, Banten terlihat sedang  melewati "lantayan", Lantayan adalah jemuran padi varietas lokal di Kasepuhan Cirompang jenis pare gede, lantayan terbuat dari bambu dan kayu yg berfungsi untuk menjemur padi hingga kering sebelum dipindah kedalam leuit ( lumbung).

Kasepuhan Cirompang, memiliki 36 varietas padi lokal yang masih dijaga keberadaannya oleh masyarakat Kasepuhan di tengah gempuran padi hasil rekayasa genetika sejak revolusi industri tahun 1960an. Pare Gede ditanam dan dipanen setahun sekali di ladang/huma dengan diawali dan diakhiri oleh berbagai ritual yang melibatkan seluruh komponen masyarakat secara bergotong royong.

Pare gede menjadi simbol untuk menunjukan bagaimana pengelolaan alam mengikuti kearifan lokal adat yang telah ratusan tahun ditaati masyarakat Kasepuhan, telah menjaga masyarakat dari bencana-bencana alam karena ulah manusia. Di saat dunia luar kekurangan stok beras atau menjerit karena harga beras yang melambung, masyarakat Kasepuhan Cirompang, dan kasepuhan-kasepuhan lain, tinggal mengambil stok padi yang tersimpan di dalam leuit (lumbung) yang jumlahnya mencapai ratusan pocong padi dalam satu leuit.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lantayan Warga Kasepuhan Cirompang"

Post a Comment